Bingung Mengenali Beragam Obat? SehatQ.com Bisa Bantu Anda Temukan Jawabnya

Bingung-Mengenali-Beragam-Obat-SehatQ.com-Bisa-Bantu-Anda-Temukan-Jawabnya
Identik dengan sebuah penyakit atau gangguan, obat dibutuhkan untuk menyembuhkannya. Ada beragam jenis obat yang bisa Anda gunakan tanpa menggunakan resep dokter. Namun tak sedikit pula jenis obat yang membutuhkan resep dokter. Apabila Anda menemui kesulitan dalam mengenali obat tanpa resep dokter, SehatQ.com dapat menjadi alternatif informasi untuk Anda. Hal tersebut dapat menghindarkan dari salah penggunaan obat yang acap kali terjadi.
 

Jenis Obat

Anda mungkin pernah menjumpai obat dalam berbagai bentuk. Setiap obat dibuat dengan tujuan dan maksud tertentu. Untuk menambah wawasan terkait bentuk obat yang biasanya beredar di Indonesia berikut ulasannya untuk Anda:
 

1. Pil

Jenis obat yang satu ini mempunyai bentuk lonjong dan dilengkapi dengan selongsong. Pil dapat dengan mudah ditemui di apotik atau warung terdekat. Untuk meminumnya, Anda tinggal menggunakan air minum atau makanan untuk membantu menelan. Pil memiliki berbagai warna namun yang paling umum adalah warna putih.
 

2. Kapsul

Jenis obat yang satu ini unik. Bentuknya seperti tabung dengan dua warna berbeda. Kapsul ini berisi serbuk obat yaitu obat yang sudah dihaluskan dan dilindungi oleh penutup berupa zat yang mudah larut. Umumnnya yang digunakan sebagai penutup adalah agar-agar.
 
Kapsul sendiri memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai cara makan yang berbeda-beda. Kapsul pada umumnya langsung dimakan sama seperti ketika makan pil. Namun, jenis kapsul kunyah mengharuskan Anda untuk mengunyah terlebih dahulu. Sesuai namanya, setelah mengunyah Anda harus minum air putih supaya semua obat masuk ke dalam pencernaan perut. Anda bisa melihat contoh kapsul kunyah di SehatQ.com.
 

3. Sirup

Jenis obat ini biasanya diberikan kepada anak-anak dan bayi karena mudah dicerna. Bentuknya yang cair membuatnya untuk sulit diukur jumlahnya. Maka dari itu, setiap obat sirup selalu dilengkapi dengan sendok takar supaya Anda tidak kelebihan dosis obat sirup ini. Sirup ini terdiri dari dua jenis, yaitu sirup yang langsung minum dan sirup kering. Sirup kering ini berbentuk serbuk dan harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air sebelum diminum.
 

4. Tablet Sublingual

Jenis obat yang satu ini tidak boleh ditelan. Cara memakainya adalah dengan meletakkan tablet di bawah lidah Anda. Tablet sublingual dibuat dari bahan yang mudah larut yang kemudian diserap oleh pembuluh darah yang banyak dijumpai di bawah lidah. Biasanya jenis tablet ini dianjurkan untuk pasien yang mempunyai kesulitan dalam menelan obat.
 

5. Tablet Bukal

Sedikit mirip dengan tablet sublingual, hanya saja penggunaannya diletakkan di antara pipi dan gusi. Anda dapat memilih senyaman mungkin, entah itu di pipi dan gusi bagian bawah, atas, kanan atau kiri. Berkumurlah terlebih dahulu sebelum menggunakan tablet bukal. Tablet ini juga tidak diperbolehkan untuk ditelan.
 
Penggunaan dari beragam jenis obat di atas berbeda-beda. Apabila Anda ingin mengetahui nama-nama obat dan kegunaannya, Anda dapat mencari info lengkapnya melalui opsi direktori obat yang disediakan oleh SehatQ. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Apabila Anda memiliki alergi terhadap obat tertentu coba ceritakan kepada dokter. Sehingga Anda tidak akan diberi obat yang mengandung bahan alergi.
 
Untuk berkonsultasi Anda dapat melakukannya secara online melalui platform kesehatan seperti SehatQ.com. Dengan demikian Anda tidak perlu ke rumah sakit terlebih di saat pandemi seperti ini.
 
Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Belum ada Komentar untuk "Bingung Mengenali Beragam Obat? SehatQ.com Bisa Bantu Anda Temukan Jawabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel