Penerapan Kebijakan Lockdown Saat Pandemi Virus Corona dan Upaya Pencegahan Covid -19

Penerapan-Kebijakan-Lockdown-Saat-Pandemi-Virus-Corona-dan-Upaya-Pencegahan-Covid-19

Penyebaran virus corona yang semakin buruk dan merajalela di Indonesia, membuat sebagai besar masyarakat Indonesia ada yang berpikiran untuk melakukan lockdown di Indonesia. Jadi apa sebenarnya lockdown itu? Jadi lockdown yang dimaksud adalah dengan menerapkan aturan yang sangat tegas dan ketat bahwa seluruh aktivitas masyarakat yang ada di suatu wilayah dibatasi. Jadi masyarakat hanya berdiam diri di rumah saja. Boleh keluar asalkan bisa menunjukkan surat izin yang diperoleh dari pihak yang memiliki wewenang.

Lalu apakah kebijakan tersebut sangat pas dan cocok untuk diterapkan di Indonesia? Menurut beberapa pakar penelitian menjelaskan bahwa sebenarnya Indonesia tidak cukup siap dan bahkan tidak siap untuk menerapkan kebijakan lockdown tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kita juga sudah sadar dan paham masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk terdiri dari banyak suku, mereka memiliki sistem mata pencaharian yang berbeda-beda. Bila dipukul rata dengan menerapkan kebijakan lockdown untuk melawan pandemi corona kondisi Indonesia mungkin bisa saja hancur. Karena kerusuhan akan terjadi dimana-mana. Dan mungkin tragedi 1998 akan kembali lagi terjadi di tanah air.

Dengan begitu langkah apa yang pas untuk diterapkan di Indonesia bila ternyata lockdown dinilai kurang tepat bila diterapkan di wilayah Indonesia. Melihat kondisi seperti sekarang ini, kebijakan lockdown dan tidak lockdown adalah 2 kebijakan yang cukup membuat resah masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa pencegahan Covid-19 yang dinilai cukup efektif untuk memutus penyebaran Covid -19:
  1. Dengan melakukan social distancing. Jaga jarak dengan orang lain usahakan lebih dari 1 meter. Dengan begitu virus tidak mudah menyebar dan menular dari satu orang yang terinfeksi ke orang lain.
  2. Hindari kerumunan dan keramaian.
  3. Rajin melakukan olahraga dan makan makanan yang bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur serta penuhi kebutuhan vitamin c untuk tubuh. Hal ini dikarenakan dalam penjelasan beberapa dokter bahwa Covid -19 akan mudah dikalahkan oleh sistem imun tubuh yang kuat.
  4. Rajin lakukan olahraga, dan usahakan untuk terkena sinar matahari saat jam 10.00 pagi. Terik sinar matahari saat jam 10.00 pagi juga dipercaya efektif mencegah Covid-19.
  5. Gunakan masker saat melakukan kegiatan di luar rumah. Dan rajinlah cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun selama kurang lebih 20 detik. Usahakan telapak tangan, sela-sela jari, punggung tangan dan pergelangan tangan bersih. Setelah itu keringkan dengan lap kering yang bersih atau tisu kering. Setelah itu gunakan handsanitizer.
Penyebaran virus covid -19 ini memang sangat mudah menular dari satu manusia ke manusia yang lain dan bisa menyerang segala usia. Maka dari itu, jangan pernah menganggap remeh wabah penyakit ini. Hampir setiap negara yang ada di dunia kacau dan hampir hancur karena korona jadi usahakan untuk menjaga diri sendiri supaya bisa terhindar dari virus tersebut.

Virus Corona kabarnya tidak bisa bertahan lama dengan udara yang panas atau terik sinar matahari. Tetapi sebenarnya langkah tersebut kurang begitu kuat dan cukup untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Mulailah terapkan hidup sehat dan kesadaran untuk tidak egois dengan masih ikut kumpul-kumpul untuk kegiatan yang kurang bermanfaat. Patuhi setiap arahan yang diberikan oleh pemerintah untuk di rumah saja. Dengan begitu penyebaran virus ini bisa terhenti dan Indonesia bisa segera pulih kembali.

Belum ada Komentar untuk "Penerapan Kebijakan Lockdown Saat Pandemi Virus Corona dan Upaya Pencegahan Covid -19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel