5 Mitos Seputar Ambeien yang Wajib Anda Hiraukan


Warga luas mungkin tidak asing dengan penyakit ambeien atau wasir. Tetapi, permasalahan kesehatan yang benar-benar umum seperti ambeien umumnya riskan dihubungkan dengan mitos yang memunculkan salah kaprah. Supaya tidak salah dalam mengatasinya, silahkan kupas selesai mitos tentang penyakit yang satu ini. 

Berikut beberapa asumsi sekitar ambeien yang barangkali sempat Anda dengar dan penuturannya: 

1. Ambeien dikarenakan oleh makanan pedas 

Ambeien dikarenakan oleh desakan pada pembuluh vena di seputar anus. Desakan itu bisa datang dari obesitas, kehamilan, kanker usus besar, sex anal, penyakit Crohn, serta rutinitas duduk kelamaan. 

Asumsi jika ambeien dikarenakan oleh makanan pedas ialah mitos semata. Walau demikian, makanan pedas memang bisa memunculkan rasa perih bila ada robekan pada anus karena ambeien yang tidak diatasi secara baik. 

2. Cuma lanjut usia yang alami ambeien 

Lanjut usia mempunyai efek semakin besar terserang ambeien. Sebabnya ialah sebab bersamaan menambahnya umur, jaringan penghubung di antara anus serta rektum makin melemah. 

Pembuluh vena di ruang anus juga makin gampang berkembang jadi ambeien. 

Tetapi, lanjut usia bukan hanya satu barisan umur yang dapat terserang ambeien. Siapa juga bisa alami penyakit ini, tetapi risikonya tambah tinggi pada seorang yang: 
  • seringkali mengejan waktu buang air besar 
  • seringkali memakai toilet duduk dalam tempo lama 
  • seringkali mengusung benda berat 
  • mempunyai kisah diare atau sembelit akut 
  • jarang-jarang konsumsi makanan memiliki serat 

3. Ambeien tentu mengisyaratkan kanker usus besar 

Mitos lain yang ada banyak diakui ialah ambeien tentu mengisyaratkan kanker usus besar. Walau sebenarnya, klaim ini belum dapat dibuktikan benar. 

Ambeien serta kanker usus besar memang mengakibatkan BAB berdarah, tetapi keduanya mempunyai tanda-tanda lain yang berlainan. 

Walaupun begitu, jangan acuhkan BAB berdarah jika Anda sudah berumur di atas 50 tahun atau mempunyai kisah kanker usus besar dalam keluarga. 

Gejalanya yang seperti dengan ambeien kadang membuat kanker tidak terdeteksi semenjak awal. 

4. Makanan tidak ada hubungan dengan ambeien 

Kenyataannya, skema makan rendah serat bisa mengakibatkan feses mengeras serta pada akhirnya menyebabkan sembelit. Feses yang keras membuat Anda seringkali mengejan waktu BAB hingga Anda beresiko semakin besar alami ambeien. 

Jalinan di antara makanan dengan ambeien sering dipandang seperti mitos. Walau sebenarnya, konsumsi serat sangat penting untuk menahan ambeien. Yakinkan keperluan serat Anda terpenuhi dengan konsumsi buah serta sayuran tiap hari. 

5. Ambeien cuma dapat pulih dengan operasi 

Obat kortikosteroid berupa salep, cream, serta supositoria bisa menurunkan tanda-tanda ambeien. Namun, obat-obatan ini tidak bisa mengobati ambeien hingga Anda butuh jalani mekanisme medis untuk hilangkan tonjolan pada anus. 

Mekanisme medis untuk hilangkan ambeien tidak selamanya berupa operasi atau pembedahan. Ada banyak cara yang bisa diambil, diantaranya: 

  • Rubber band ligation. Dokter mengikat sisi fundamen ambeien dengan semacam karet untuk hentikan saluran darah sampai tonjolan mengerut serta lepas. 
  • Skleroterapi. Ambeien disuntik dengan semacam bahan kimia supaya mengerut serta lepas dengan sendirinya. 
  • Mendesak tonjolan kembali pada dalam anus. 

Mitos yang beredar banyak sekitar ambeien bisa menghalangi perlakuan penyakit. Awalilah mengaplikasikan beberapa langkah untuk menahan ambeien dari saat ini, seperti konsumsi makanan tinggi serat. 

Sesaat buat Anda yang mempunyai penyakit ini, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan untuk menurunkan tanda-tanda pada saat jalani penyembuhan.

Belum ada Komentar untuk "5 Mitos Seputar Ambeien yang Wajib Anda Hiraukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel