Tips Menangani Masalah Gangguan Tidur Setelah Dapat Giliran Shif Malam


Bangun serta aktif pada malam hari jika Anda kebagian shift kerja pada malam hari bisa menguasai langsung pada kesehatan sebab berlawanan dengan jam biologis badan. Ini dikarenakan malam hari adalahwaktu untuk istirahat serta siang hari saat-saat melakukan aktivitas. 

Satu orang yang kebagian shift kerja malam paling rawan pada terhadap masalah istirahat yang tidak selalu kurangi waktu untuk beristirahat, tetapi dalam periode panjang kurang tidur dapat menguasai serius pada kesehatan fisik. 

Kerja shift malam paling erat hubungannya dengan masalah tidur 

Ada arti shift work sleep disorder (SWSD), yaitu masalah istirahat dengan karakter insomnia serta rasa mengantuk yang terlalu berlebih dan tinggal yang dikarenakan oleh saat-saat kerja. Memang tidak semua pekerja shift malam rasakan masalah ini karena mereka sudah bisa menyesuaikan. Tetapi, untuk orang yang merasakannya merekajadi kurang tidur. 

Pekerja shift normal bisa penuhi kepentingan tidur dengan waktu 7 jam tadi malam, sesaat pekerja shift yang rasakan masalah istirahat tidak dapat. Pengidap SWSD rasakan insomnia serta mengantuk waktu waktu mereka kerja. Bukan sekedar menguasai pada skema kegiatan, masalah tidur juga tingkatkan efek kemalangan kerja, merangsang masalah emosi, susah konsentrasi, dan menambahkan tekanan darah serta merangsang obesitas. 

Menangani masalah tidur efek shift kerja pada malam hari 

Masalah istirahat SWSD bisa dihadapi siapapun yang kerja dengan skema shift. Baik yang kebagian shift kerja malam semasing hari, beberapa kali dalam satu minggu, atau shift yang mengharuskan Anda untuk pergi pagi-pagi buta. Masalah istirahat berlangsung waktu kurang istirahat berlangsung dengan akut serta menyebabkan utang istirahat yang terlalu banyak. 

Tersebut beberapa hal yang bisa dikerjakan untuk mengatasi masalah tidur efek kerja shift: 

1. Jauhi memungut shift kerja malam dengan terus-terusan 

Ini bisa menyebabkan utang istirahat makin bertambah. Selain itu, masalah istirahat bisa diminimalkan dengan selekasnya membenarkan jam istirahat sekejap setelah kerja shift. 

2. Jauhi mengemudi, apalagi jika jaraknya jauh 

Selekasnya beristirahat waktu ada waktu setelah shift usai. Upayakan untuk naik kendaraan umum, dijemput, atau pesan transportasi online waktu pulang. Jika Anda keletihan serta paling mengantuk setelah kerja, mengemudi pasti paling membahayakan. Ditambah lagi jika jarak dari tempat kerja ke tempat tinggal Anda jauh 

3. Buat kondisi kerja yang membantu Anda terbangun 

Tempat kerja yang cerah benar-benar dibutuhkan saat sedang kerja untuk shift malam. Paparan sinar yang cerah akan meningkatkan kesiagaan kita serta membantu mengendalikan jam biologis badan agar masih terbangun seputar kerja serta masalah ini diperlukan untuk menyesuaikan dengan agenda kerja shift malam. 

4. Kurangi pengutaraan sinar waktu beristirahat 

Ini adalahpersiapan penting waktu Anda akan mulai saat-saat beristirahat karena dengan jumlahnya sinar yang minim akan membantu otak serta badan untuk terlelap. Pasang tirai yang tebal serta warnanya gelap supaya sinar matahari tidak membobol masuk ke kamar seputar Anda istirahat pada pagi atau siang hari. 

5. Aplikasikan sleep hygiene 

Sleep hygiene adalah rutinitas istirahat serta bangun di jam yang sama semasing hari, membuat situasi kamar yang nyaman, serta kurangi paparan sinar waktu ingin tidur. 

6. Yakinkan suhu kamar kita cocok 

Suhu udara yang terlalu hangat atau dingin dapat membangunkan kita dari istirahat serta dapat mempersulit untuk terlelap . 

7. Batasi mengonsumsi cafein 

Mengonsumsi minuman berkafein (contohnya kopi atau minuman daya) waktu Anda akan mulai kerja shift malam saja, serta jauhi konsumsi minuman itu setelah usai kerjakan shift. 

8. Jangan main HP atau laptop sebelum tidur 

Hindarilah main HP, laptop, computer, atau melihat tv sebelum jam istirahat Anda. Bukannya mengantuk, Anda justeru akan makin tidak bisa tidur karena dampak blue light dari monitor. 

9. Cocokkan skema santap Anda 

Mengatur lagi waktu santap dengan bagian yang semakin besar waktu bangun istirahat serta akan kerja shift, jauhi santap begitu banyak sebelum tertidur.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menangani Masalah Gangguan Tidur Setelah Dapat Giliran Shif Malam "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel