3 Tips Membeli Kompresor AC Mobil Bekas Berkualitas untuk Menghindari AC Mobil Tidak Dingin

3 Tips Membeli Kompresor AC Mobil Bekas Berkualitas untuk Menghindari AC Mobil Tidak Dingin

Kompresor merupakan salah satu komponen penting dalam AC mobil Anda. Fungsi dari komponen AC mobil ini untuk menghisap gas freon dari dalam evaporator yang memiliki tekanan dan temperatur rendah, selanjutnya akan disalurkan dalam bentuk cair ke bagian kondensor AC. Oli khusus atau pelumas berfungsi untuk memperlancar kinerja kompresor AC mobil Anda. Jika kompresor tidak berfungsi dengan baik, bisa berdampak pada AC mobil tidak dingin

Tak masalah kalau Anda ingin mengganti kompresor AC mobil yang rusak dengan barang bekas pakai. Hanya saja Anda harus jeli memilih kompresor AC mobil bekas agar tidak menyesal kemudian hari. Jangan sampai Anda harus memanggil jasa service AC mobil karena kompresor bekas tidak berfungsi maksimal. Berikut tips memilih kompresor AC mobil bekas yang bisa Anda jadikan referensi. 

1. Kualitas kompresor 

Tips pertama dalam memilih kompresor AC bekas adalah memastikan bahwa kualitas kompresor masih bagus. Anda bisa mengecek performa kompresor bekas dengan memperhatikan ciri-ciri kompresor AC bermasalah antara lain: 
  • Memiliki bunyi ngorok atau kasar yang menjadi tanda bahwa piston penanda kompresor pernah rusak atau jebol sebelumnya. 
  • Saat menyalakan mesin mobil dan berada pada putaran RPM rendah, mesin AC tidak maksimal mengeluarkan hawa dingin. 
  • Mengalami karat atau korosi yang menjadi tanda kompresor berpotensi bocor. 
  • Terjadi masalah pada kompresor dengan ciri magnetic clutch mati. 

Jika menemu tanda-tanda di atas, sebaiknya Anda mengurungkan niat membeli kompresor AC mobil tersebut. Bisa jadi kompresor bakal rusak dalam kurun waktu beberapa minggu setelah pembelian berlangsung. Pastikan Anda membeli produk bekas yang berkualitas atau memilih beli suku cadang yang lebih kredibel. 

2. Mempertimbangkan harga kompresor AC yang ditawarkan 

Sebelum setuju dengan jual beli kompresor AC mobil bekas, sebaiknya Anda mengecek harga di pasaran. Untuk barang atau kompresor bekas yang masih bagus, harga jual yang ditawarkan biasanya berada pada range 70 sampai 80 persen dari harga beli kompresor baru yang orisinal. 

Sedangkan harga kompresor bekas yang memiliki waktu pemakaian lebih dari 1 tahun, harga pasaran minimal 60 sampai 70 persen dari harga kompresor baru. Anda tidak boleh terpikat dengan harga kompresor bekas yang terlalu murah tanpa pengecekan kondisi barang yang teliti. Bisa jadi kompresor bekas tersebut pernah mengalami kerusakan sebelumnya sehingga berimbas pada AC mobil tidak dingin maksimal. 

3. Memastikan beli di tempat yang kredibel 

Mungkin Anda bisa menemukan produk kompresor baru atau bekas secara online. Mengingat jual beli online menjadi tren yang digemari khalayak dewasa ini. Namun, resiko membeli barang yang tidak pas bisa berdampak pada kerusakan mesin AC Anda lho! Pastikan membeli kompresor bekas pakai di toko atau bengkel AC yang memiliki sertifikasi terpercaya. 

Anda bisa juga berkonsultasi dengan jasa service AC mobil yang memiliki kredibilitas untuk memilih produk kompresor yang tepat. Anda bisa mendapatkan keunggulan tawaran produk bermutu, klaim garansi yang mudah dan proses pelayanan atau service lebih memadai. 

Agar Anda memiliki kompresor AC mobil yang awet, sebaiknya rutin melakukan perawatan pada komponen penting ini. Jangan lupa untuk memilih oli atau pelumas yang tepat sesuai dengan jenis freon AC mobil Anda. Setiap jenis freon AC mobil tentu memiliki oli atau pelumas yang berbeda, misalnya oli berbahan dasar mineral atau base oil synthetic. Yuk, rawat kompresor agar bisa bekerja maksimal dan Anda terhindar dari masalah AC mobil tidak dingin ya!

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Membeli Kompresor AC Mobil Bekas Berkualitas untuk Menghindari AC Mobil Tidak Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel